Tips Merawat Kesehatan Mata

  • Mata butuh asupan zat-zat bergizi serta vitamin yang cukup biar sanggup menjaga kondisi tetap fit. Agar mata tetap sehat, banyaklah mengonsumsi sayuran menyerupai bayam dan kol yang mengandung vitamin A dan lutein yang baik untuk kesehatan mata
  • Selalu cek kondisi matamu. walaupun tidak ada keluhan yang berarti, periksakan kesehatan mata minimal setahun sekali.
  • Sinar UV pada matahari sanggup mengganggu kesehatan mata, lantaran itu mata memerlukan perlindungan. Gunakan topi untuk melindungi mata dari sinar serta gunakan kacamata hitam ataupun kacamata biasa yang berpelindung UV.
  • Gunakan Penerangan yang cukup saat menonton televisi ataupun membaca buku . Perhatikan juga jarak antara kita dengan layar televisi yaitu lima kali lebar diagonal layar televisi. Misal, untuk televisi berukuran 20 inci jaraknya sebaiknya sekitar 2,5 meter. membaca buku pun jangan terlalu dekat, usahakan berjarak sekitar 30 cm antara mata dan buku biar mata tidak cepat lelah dan tegang, serta minus mata tidak cepat bertambah.
  • Sering-sering mengistirahatkan matamu jika aktivitasmu kebanyakan berhadapan dengan layar monitor komputer.
  • Lindungi mata dari bubuk dan asap yang masuk ke mata lantaran sanggup menciptakan mata infeksi. Hindari juga mengucek mata kala terasa gatal dan perih.
  • Daerah kulit sekitar mata juga menunjang penampilan mata kita. Masalah yang sering ditemui pada derah ini yaitu kulit kering dan keriput disekitar mata, yang disebabkan antara lain oleh kurangnya komsumsi air putih, proses penuaan, serta polusi.

    Yang juga sering dikeluhkan yaitu kantong mata dan bundar hitam di bawah mata yang sanggup terjadi lantaran faktor genetik, tipisnya kulit disekitar mata, kondisi badan yang tidak fit, kurang tidur ataupun stres. Hindari faktor penyebab di atas dan gunakan selalu pelembab khusus kawasan sekitar mata  yang diubahsuaikan dengan jenis kulit.