Penggunaan Istilah Yang Membingungkan – Kebiasaan Jelek Orang Tua

Penggunaan istilah yang membingungkan yaitu salah satu dari 37 kebiasaan jelek orangtua. Pernahkah anda berkata ke anak contohnya “Awas yah, bila kau pergi dengan ibu/ayah, gak boleh nakal”, atau dengan ungkapan, “Awas yah, bila mau diajak ayah/ibu, jangan buat aib ibu/ayah”, ataupun dengan yang lebih praktis “jika ingin jalan-jalan gak boleh aneh-aneh”

Mungkin anda paham dengan ucapan menyerupai di atas, tetapi percayalah, ucapan tersebut tidak gampang dipahami oleh seorang anak, apalagi bila sang anak masih belum mengenal banyak pembendaharaan kata-kata.

Istilah-istilah yang susah dimengerti dan terdengar memiliki makna ganda akan menciptakan sang anak akan kebingungan dalam memahaminya.

Mereka akan berpikir mengenai kata nakal, menyerupai apakah sifat yang bandel itu. Begitu juga dengan istilah “jangan aneh-aneh”, menyerupai apakah sifat yang “aneh-aneh” itu. Tidak hanya bingung, sang anak akan mereka-reka maksud dari istilah tersebut.

Yang Seharusnya Dilakukan

Berdialoglah secara spesifik dan jelas, menyerupai “Nak, bila kau ingin jalan-jalan bersama ayah/ibu, dihentikan minta balon, jajan, dan dihentikan loncat-loncat di kendaraan beroda empat lagi”.

Hal tersebut penting biar anak dapat lebih tau akan hal-hal yang dihentikan diperbuat dan hal-hal yang boleh diperbuat. Dan juga jangan lupa, beri dan sepakati secara bersama konsekuensi yang akan diterima bila sang anak melanggar hukum tersebut.

Setelah itu anda dapat beri pengetahuan dan klarifikasi lebih lanjut ke anak, bahwa sifat yang melanggar hal-hal yang dihentikan dilakukan itu disebut sifat nakal.