Pengertian Dan Karakteristik Transportasi Udara

Pengertian Dan Karakteristik Transportasi Udara Transportasi udara ialah merupakan alat angkutan mutakhir dan tercepat. Transportasi ini memakai pesawat udara sebagai alat angkutan sedangkan udara atau angkasa sebagai jalur atau jalannya.
 
Dimana pesawat udara Yang dimaksud dilengkapi dengan navigasi dan alat telekomunikasi yang canggih.

Pengertian Dan Karakteristik Transportasi Udara Pengertian Dan Karakteristik Transportasi Udara
Pengertian Dan Karakteristik Transportasi Udara

Karakteristik kinerja transportasi udara

Karakteristik kinerja transportasi udara terbagi dalam beberapa Aspek antara lain :
  1. Kecepatan didefinisikan sebagai perbandingan jarak tempuh perjalanan terhadap besaran waktu saat suatu moda transportasi mulai bergerak sampai menuju ke titik tujuannya. Transportasi udara mempunyai keunggulan dalam kecepatan sampai sepuluh kali lebih cepat dibandingkan moda tranportasi lainnya.
  2. Kelengkapan moda didefinisikan sebagai jaringan moda dan jumlah moda yang terkait dengan suatu transportasi. Transportasi udara sangat terbatas aksesnya, meskipun dari fungsi pencapaian, transportasi udara bisa bergerak melalui batasan Negara dengan cepat. Transportasi udara memerlukan Bandar udara yang biasanya terletak jauh dari tempat pemukiman, dan letak Bandar udara yang tidak setiap lokasi atau tempat ada. Dengan demikian, transportasi udara memerlukan kelengkapan moda yang terlibat di dalamnya, khususnya untuk saluran darat menuju ke tempat tujuan yang lebih spesifik.
  3. Ketergantungan Transportasi udara dalam operasinya sangat bergantung dengan kondisi cuaca. Asap, kabut dan awan biasanya sanggup mengakibatkan tertunda atau berhenti sementara pengoperasian penerbangan. Meskipun terdapat sistem navigasi yang canggih dan pengawas kemudian lintas udara, pada kondisi cuaca tertentu tetap sanggup mengakibatkan terhentinya penerbangan.
  4. Kapasitas Pesawat udara mempunyai kapasitas berat untuk terbang dan ukuran fisik terbatas, sehingga kapasitas angkut pesawat sangat dibatasi. Selain berat, ukuran dan jenis barang yang dimuat pun sangat terbatas.
  5. Frekuensi Frekuensi didefinisikan sebagai jumlah perjalanan yang sanggup dilakukan pada periode waktu tertentu. Karena mempunyai keunggulan dalam kecepatannya, transportasi udara mempunyai potensi frekuensi perjalanan yang tinggi. Meskipun demikian, waktu tunggu muat barang dan penumpang terkadang mengakibatkan penurunan frekuensi. Dalam sisi ini juga, bahu-membahu perbandingan frekuensi perjalanan antar moda berbasis ukuran kecepatan tidak mudah. Frekuensi penerbangan bisa lebih dari satu tujuan setiap harinya dengan jarak yang jauh, walaupun bila diukur tingkat frekuensi terhadap waktunya menjadi kurang baik.
  6. Biaya Biaya merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh pelaku perjalanan atau akseptor jasa terhadap perjalanan yang dialaminya. Untuk pengoperasian pesawat diharapkan komponen utama dan pendukung yang tidak sedikit. Selain evaluasi biaya operasi pesawat dan faktor pengembalian investasi, penerbangan juga memerlukan akomodasi pendukung penerbangan contohnya ATC, airport, dll., yang memerlukan biaya yang besar. Dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, transportasi udara memerlukan biaya operasional yang tinggi, sehingga pengguna jasa penerbangan biasanya akan membayarkan uang yang jumlahnya lebih besar daripada memakai moda transportasi lainnya.

Dampak Transportasi Udara

Dibawah ini ialah Dampak dari transportasi udara secara pribadi diantaranya :
  1. Perekonomian, Adanya angkutan udara menimbulkan faktor jarak dan geografis daratan bukan lagi menjadi batasan pergerakan insan atau barang untuk pencapaian yang cepat. Kondisi ini menimbulkan hubungan antara acara produksi dan konsumsi sanggup dicapai dengan lebih cepat dan waktu yang lebih singkat.
  2. Sosial Kemasyarakatan, Angkutan udara mengakibatkan interaksi budaya (sosial) menjadi lebih bersahabat dan cepat dengan mengeleminasi fungsi jarak. Masyarakat di suatu tempat sanggup dengan gampang mengenal secara pribadi kondisi sosial di masyarakat Didaerah lainnya. Hal ini juga sanggup mengakibatkan berkembangnya interaksi sosial (pertukaran budaya) bahkan sanggup memungkinkan adanya perubahan huruf sosial kemasyarakatan suatu komunitas yang dipengaruhi oleh komunitas lainnya.
  3. Politik dan Keamanan/Pertahanan Peranan angkutan udara pada bidang politik dan khususnya pada keamanan/pertahanan di suatu wilayah negara menjadi sangat penting. Mobilisasi pasukan dan peralatan tempur memakai angkutan udara menjadi semakin cepat.
Semoga Pengertian Dan Karakteristik Transportasi Udara yang menjelasakan wacana Pengertian Transportasi Udara dan Karakteristik serta Dampak Positif dari Transportasi Udara Di Segala Bidang Dapat Bermanfaat serta menambah ilmu pengetahuan anda. terima kasih.