Memaklumi Yang Tidak Pada Tempatnya – Kebiasaan Jelek Orang Tua

Memaklumi yang tidak pada tempatnya ialah salah satu dari 37 kebiasaan jelek orangtua. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh orang bau tanah yang konservatif.

Contoh ketika di dikala anak nakal, sering usil, namun sang orang bau tanah dengan sepele mengatakan, “Bandel memang sifat anak laki” ataupun ketika timbul pertengkaran antara adik kakak, sang orang bau tanah cuma bilang “Biasa, anak-anak”. Malah di dikala sang anak meninju abang atau teman, sang orang bau tanah hanya berucap “Maklumlah, kan anak-anak. Nggak sengaja”

Jika kita terus memaklumi sifat yang kurang benar dari anak, maka sang anak akan memiliki pikiran bahwa sifatnya memang sudah biasa dan tidak keterlaluan, hal tersebut akan menjadi lebih jelek lagi kalau berlanjut sampai dewasa.

 Memaklumi yang tidak pada tempatnya ialah salah satu dari Memaklumi Yang Tidak Pada Tempatnya - Kebiasaan Buruk Orang Tua

Yang Seharusnya Dilakukan

Sebaiknya kita tidak memaklumi suatu hal yang gotong royong memang tidak perlu dimaklumi. Didiklah anak tanpa terkecuali, sesuai sifat dasarnya.

Ketika menginjak usia 2 tahun semua anak sudah sanggup asuh dengan tegas (tegas bukan keras). Sebaiknya semenjak dini, alasannya ialah kalau semakin remaja akan semakin sulit untuk mengubah sifat buruknya.

Jika semenjak dini maka akan lebih gampang diajak kerja sama, diarahkan dan dikelola. Akan lebih gampang diajak bekerja sama kalau kita terus berdialog dari hati ke hati, tegas, dan konsisten.