Ruang Lingkup Promosi Kesehatan

Ruang lingkup promosi kesehatanberdasarkan aspek pelayanan kesehatan secara garis besarnya terdapat 2 jenis pelayanan kesehatan yaitu:
berdasarkan aspek pelayanan kesehatan secara garis besarnya terdapat Ruang Lingkup Promosi Kesehatan
a. Pelayanan preventif dan promotif

Adalah pelayanan bagi kelompok masyarakat yang sehat, biar kelompok ini tetap sehat dan bahkan meningkatkan status kesehatan. Pada dasarnya pelayanan ini dilaksanakan oleh kelompok profesi kesehatan masyarakat.

b. Pelayanan kuratif dan rehabilitatif

Adalah pelayanan kelompok masyarakat yang sakit, biar kelompok ini sembuh dari sakitnya dan menjadi pulih kesehatannya. Pada prinsipnya pelayanan jenis ini dilakukan kelompok profesi kedokteran.

Maka, menurut jenis aspek pelayanan kesehatan ini promosi kesehatan meliputi 4 pelayanan yaitu :

a. Promosi Kesehatan pada Tingkat Promotif

Sasaran promosi kesehatan pada tingkat pelayanan promotif yaitu pada kelompok orang sehat dengan tujuan biar mereka bisa meningkatkan kesehatannya.

b. Promosi Kesehatan Pada Tingkat Preventif

Sasaran pada tingkat ini yaitu kelompok yang beresiko tinggi contohnya kelompok ibu hamil dan menyusui, para perokok, kelompok obesitas dan sebagainya.

Tujuan utama promosi kesehatan pada tingkat ini yaitu untuk mencegah kelompok-kelompok tersebut biar tidak terkena sakit.

c. Promosi Kesehatan Pada Tingkat Kuratif 

Sasaran promosi kesehatan pada tingkat ini yaitu para penderita penyakit atau pada pasien. Tujuan promosi kesehatan pada tingkat ini biar kelompok ini bisa mencegah penyakit tersebut tidak menjadi lebih parah.

d. Promosi Kesehatan Pada Tingkat rehabilitatif
Promosi kesehatan pada tingkat ini memiliki target kelompok penderita yang gres sembuh dari suatu penyakit. Tujuan utama promosi kesehatan pada tingkat ini yaitu biar mereka ini segera pulih kembali kesehatannya atau mengurangi kecatatan seminimal mungkin (Notoatmodjo, 2005).