Definisi Promosi Kesehatan

Menurut WHO, Promosi Kesehatan adalah proses yang memungkinkan orang untuk meningkatkan kontrol atas faktor-faktor penentu kesehatan dan dengan demikian meningkatkan kesehatan mereka.

Promosi kesehatan berarti : Membangun kebijakan publik yang sehat membuat lingkungan yang mendukung, memperkuat agresi komunitas, membuatkan keterampilan pribadi, dan mengorientasikan layanan kesehatan.

Program promosi kesehatan dan pencegahan penyakit fokus pada menjaga orang sehat. Promosi kesehatan melibatkan dan memberdayakan individu dan masyarakat untuk terlibat dalam sikap sehat, dan membuat perubahan yang mengurangi risiko pengembangan penyakit kronis dan morbiditas lainnya.

 proses yang memungkinkan orang untuk meningkatkan kontrol atas faktor Definisi Promosi Kesehatan
Gambar : www.carakunulis.com

Promosi kesehatan dilakukan dalam konteks prinsip-prinsip kemitraan , partisipasi dan pertolongan aktif untuk mencapai kesehatan optimal.

Promosi kesehatan ialah proses diarahkan memungkinkan orang untuk mengambil tindakan.

Dengan demikian , promosi kesehatan bukanlah sesuatu yang dilakukan pada atau orang, hal itu dilakukan oleh, dengan dan untuk orang-orang baik sebagai individu maupun sebagai kelompok .

Tujuan dari aktivitas ini ialah untuk memperkuat keterampilan dan kemampuan individu untuk mengambil tindakan dan kapasitas kelompok atau masyarakat untuk bertindak secara kolektif untuk melaksanakan kontrol atas faktor-faktor penentu kesehatan dan mencapai perubahan yang positif.

Promosi kesehatan tidak hanya meliputi tindakan diarahkan untuk memperkuat keterampilan dan kemampuan individu tetapi juga tindakan diarahkan perubahan kondisi sosial, lingkungan, politik dan ekonomi untuk mengurangi dampaknya terhadap populasi dan kesehatan individu.